M-S Blog

M-S Blog

M-S Blog

+

Cara Membuat Jam, Hari dan Tanggal dengan Javascript di Blog

Cara Membuat/Menampilkan Jam, Hari & Tanggal dengan Javascript - Jam, Hari dan Tanggal (Waktu) tidak lepas dari kehidupan, Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang "Bagaimana Cara Membuat/Menampilkan Jam dan Tanggal dan Hari dengan JavasScript" ..

CEKIDOT......

Berikut Pilihan Javascript untuk Menampilkan Jam / Tanggal / Hari , sesuai dengan kebutuhan sobat : 

Cara Menampilkan Tanggal dengan Javascript :


<script type='text/javascript'>
<!--
var months = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember'];
var date = new Date();
var day = date.getDate();
var month = date.getMonth();
var yy = date.getYear();
var year = (yy < 1000) ? yy + 1900 : yy;
document.write(day + " " + months[month] + " " + year);
//-->
</script>
Hasilnya : 


Cara Menampilkan Hari dan Tanggal dengan Javascript :

<script type='text/javascript'>
<!--
var months = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember'];
var myDays = ['Minggu', 'Senin', 'Selasa', 'Rabu', 'Kamis', 'Jum&#39;at', 'Sabtu'];
var date = new Date();
var day = date.getDate();
var month = date.getMonth();
var thisDay = date.getDay(),
    thisDay = myDays[thisDay];
var yy = date.getYear();
var year = (yy < 1000) ? yy + 1900 : yy;
document.write(thisDay + ', ' + day + ' ' + months[month] + ' ' + year);
//-->
</script>
Hasilnya : 

Cara Menampilkan Jam saat ini! dengan Javascript ( Pasif ) :

<script type="text/javascript">
<!--
var d = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
var curr_min = d.getMinutes();
curr_min = curr_min + "";
if (curr_min.length == 1) {
    curr_min = "0" + curr_min;
}
document.write(curr_hour + " : " + curr_min);
//-->
</script>
Hasilnya : 

Dengan Format AM/PM : 


<script type="text/javascript">
<!--
var a_p = "";
var d = new Date();
var curr_hour = d.getHours();
if (curr_hour < 12) {
    a_p = "AM";
} else {
    a_p = "PM";
}
if (curr_hour == 0) {
    curr_hour = 12;
}
if (curr_hour > 12) {
    curr_hour = curr_hour - 12;
}

var curr_min = d.getMinutes();
curr_min = curr_min + "";
if (curr_min.length == 1) {
    curr_min = "0" + curr_min;
}
document.write(curr_hour + " : " + curr_min + " " + a_p);
//-->
</script>

Hasilnya : 


Cara Menampilkan Jam saat ini! dengan Javascript ( Aktif ) :

<div id="clock"></div>
<script type="text/javascript">
<!--
function showTime() {
    var a_p = "";
    var today = new Date();
    var curr_hour = today.getHours();
    var curr_minute = today.getMinutes();
    var curr_second = today.getSeconds();
    if (curr_hour < 12) {
        a_p = "AM";
    } else {
        a_p = "PM";
    }
    if (curr_hour == 0) {
        curr_hour = 12;
    }
    if (curr_hour > 12) {
        curr_hour = curr_hour - 12;
    }
    curr_hour = checkTime(curr_hour);
    curr_minute = checkTime(curr_minute);
    curr_second = checkTime(curr_second);
 document.getElementById('clock').innerHTML=curr_hour + ":" + curr_minute + ":" + curr_second + " " + a_p;
    }

function checkTime(i) {
    if (i < 10) {
        i = "0" + i;
    }
    return i;
}
setInterval(showTime, 500);
//-->
</script>
Hasilnya : 

Silahkan berikan komentar jika ada pertanyaan :)
07:08
Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

5 komentar:

  1. Terima kasih Blognya gan, Sungguh sangat membantu.. ditunggu ya gan artikel selanjutnya terima kasih

    Agen Poker Online
    Poker Online
    Agen Poker Terbaik



    ReplyDelete
  2. Kalau mau menggabungkan hari, tanggal dan jam aktif , menggabungnya bagaimana gan ?

    ReplyDelete
  3. Finally, akhirnya gue nemuin tutorial yang selama ini gue cari

    ReplyDelete
  4. Klo mau ngasih teks sblm jam nya gmn ?

    ReplyDelete

 
Top