M-S Blog

M-S Blog

M-S Blog

+



Hai sobat blogger ! Kali ini saya akan berbagi tips seputar blogging, kali ini saya akan share tentang bagaimana agar blog kita semakin dicintai oleh mesin pencari , terutama oleh Google. Seperti diketahui sebelumnya, google telah meningkatkan kualitasnya dengan memburu habis-habisan web / blog-blog yang melenceng dari ketentuan google. Bahkan, beberapa blog telah dihapus dari daftar pencariannya, sungguh ironis bukan? Tapi dibalik semua ini, google memiliki niat yang baik, yaitu menghilangkan situs-situs yang mengumbar artikel palsu dan tidak berguna alias spam. Dengan ini, para pencari akan semakin mudah mencari apa yang mereka cari. Untuk itu, kita harus menyesuaikan dengan keadaan ini, berhubung Google adalah mesin pencari terpopuler di dunia saat ini. Dan menurut analisa saya dan praktek saya di blog ini, google cenderung menyukai blog yang memenuhi kriteria berikut ini :
  1. Loading blog tidak terlalu berat dan stabil
  2. Tampilan blog tidak terlalu berlebih-lebihan dan jarang ganti template
  3. Artikel berkualitas, asli serta unik dan dibutuhkan banyak orang
  4. Tidak mengandung terlalu banyak hyperlink ke blog anda dalam 1 artikel
  5. Bebas unsur penipuan
  6. Memiliki rata-rata pengunjung yang stabil
Kriteria diatas bukannlah hal mutlak yang harus anda miliki / penuhi, setidaknya anda memiliki beberapa kriteria diatas,dan itu menurut pendapat saya tentang pencarian google baru-baru ini.Bagi anda yang ingin memenuhi kriteria diatas, diperlukan beberapa cara dan langkah untuk membuat blog anda semakin dikenal dan dicintai oleh Google. Rizaldi Priantama blog mempunyai sedikit tips untuk anda bedasarkan pengalaman pribadi saya, diantaranya :

1. Buatlah Artikel yang Semenarik Mungkin serta Berkualitas
Artinya, dalam blogging, artikel adalah nyawa dari sebuah blog tersebut, semakin baik artikel anda dan sedang dibutuhkan masyarakat banyak, maka semakin banyak pula pengunjung yang mengunjungi blog anda. Dalam hal ini, anda tidak dituntut untuk membuat artikel terlalu sering. Sebagai contoh, blog ini sempat vacuum selama 6 bulan, dan selama itu saya tidak pernah membuka ataupun mengupdate artikel saya. Namun hasilnya sangat mengejutkan, alexa rank blog ini naik menjadi dibawah 500 ribu dan pengunjung blog ini tetap stabil. Artinya, tidak ada jaminan anda sering mengupdate artikel akan lebih baik posisi anda di google, meskipun itu juga akan berdampak nantinya, karena pengunjung suka dengan hal-hal yang baru.Namun, perlu diingat bahwa Google kini mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Kesimpulannya, buatlah artikel anda sendiri dengan bahasa anda sendiri dan unik serta diperlukan banyak orang tentunya

2. Kenalkan Blog Anda Kepada Google
Mengigat istilah tak kenal maka tak sayang, setelah anda telah menulis beberapa artikel yang berkualitas, kini saatnya bagi anda mendaftarkan diri dan mengenalkan diri di mesin pencar google, dalam hal ini kita menggunakan jasa WebMasterTools yang gratis. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kata kunci yang anda pakai agar dapat bersaing dengan blog lain. Jika Google semakin kenal dengan blog anda, google akan memprioritaskan blog anda di halaman utama pencariannya, bahkan bisa sampai membuat blog anda menjadi 3 besar pagerank kata kunci tertentu.

3. Buatlah Template Simple nan Elegan
Seringkali inilah yang menjadi halangan sebuah blog untuk menjadi lebih baik, yaitu berat blog itu sendiri. Seringkali saya jumpai banyak sekali blogger yang lebih mengutamakan tampilannya, dengan memasang widget-widget yang sebenarnya tidak perlu untuk dipasang. Hal ini akan berdampak pada pengunjung yang datang, karena rata-rata pengunjung di Indonesia kecepatan koneksinya masih dikatakan tidak terlalu cepat. Jadi intinya, buatlah blog anda semenarik mungkin dengan artikel yang bermanfaat dan juga seringan mungkin dengan tampilan blog yang indah namun ringan, kombinasikan keduanya sehingga akan timbul blog anda yang akan lebih menarik untuk dikunjungi meskipun mengombinasikan kedua hal tersebut bukanlah hal yang mudah.

4. Jaga Image Anda di Depan Pengunjung
Maksud saya adalah, jika ada pengunjung yang bertanya, berkomentar, atau memberi kritik dan sebagainya, sambutlah atau balas komentar itu dengan jawaban yang membantu, memberikan pemecahan masalah, tetap sabar, dan ikhlas tentunya. Hal itu akan membuat reputasi blog anda akan naik secara tidak langsung. Biasanya pengunjung tidak hanya melihat isi artikel sobat, mereka juga melihat komentar-komentar yang masuk, apakah artikel anda itu benar atau palsu. Semakin banyak komentar yang masuk dengan memuji artikel sobat, semakin cinta pula Google terhadap blog anda

5. Promosikan Blog Anda
Hal yang paling penting dalam menarik perhatian pengunjung adalah dengan berpromosi. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, tidak harus dilakukan dengan cara formal. Anda bebas untuk bereksplorasi seperti menulis nama blog anda di papan tulis sekolah, di brosur-brosur, membuka blog anda di komputer teman anda, share ke social media terkemuka terutama Google+, berkomentar di blog yang sudah maju, ping dibeberapa mesin pencari,dll. Meskipun cara diatas tidak terlalu berdampak besar, namun cukup penting juga untuk dilakukan, apalagi bagi anda para blogger yang masih baru / awam.

Sebenarnya hanya dengan 5 langkah diatas anda sudah dapat melihat blog anda di daftar teratas pencarian google, tapi semua itu tidaklah mudah dan cepat, diperlukan proses yang cukup panjang. Jadi dalam blogging, seorang blogger harus memiliki jiwa pantang menyerah dan tekun dalam usahanya. Untuk mempercepat proses tersebut, sebenarnya anda dapat melakukan beberapa langkah tambahan seperti memasang Meta Tag, Optimasi SEO dengan WhiteHat, Blogwalking, Backlink, dll. Langakah-langkah selanjutnya mungkin akan saya share pada kesempatan yang akan datang.Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat . Bersambung ^^
14:19

0 komentar:

Post a Comment

 
Top