M-S Blog

M-S Blog

M-S Blog

+



10 Tips Terbaru Meningkatkan Pagerank Blog

pagerank

Tips kali ini adalah update terbaru meningkatkan pagerank blog setelah google melakukan pemeringkatan blog atau website. Tips ini berdasarkan pengalaman yang saya lihat di blog sobat yang mengalami perubahan pagerank yang meningkat dibanding sebelumnya. Beberapa teman bahkan memiliki pagerank yang meningkat sampai 3 dan 4 level. 

Beberapa hal yang saya amati yang sangat mempengaruhi algoritma google panda adalah sebagai berikut:
  1. Kualitas konten. Kualitas konten yang disukai oleh google panda adalah yang unik, relevan, informasi up to date, naskah asli (bukan copy paste) dan berkualitas tinggi. Ada saran dari teman, sebisa mungkin jangan menggunakan klik kanan mouse (perintah copy paste) antar halaman situs. Jika memang diperlukan, lebih baik gunakan notepad atau MS word, lakukan beberapa perubahan barulah di copy ke halaman artikel yang hendak anda tulis.

  2. Kecepatan loading blog. Kecepatan loading blog yang dipenuhi kode script maupun gambar baik header maupun sidebar apalagi yang berukuran besar, akan memperlambat loading sebuah blog. Jika memang diperlukan, lebih baik anda simpan gambar di hosting sendiri atau di situs penyimpanan gratis yang loadingnya cepat. Beberapa situs terkenal yang saya lihat sebagai tempat para blogger menyimpan file banner dan sulit dibuka ternyata mempengaruhi kecepatan loading blog kita. Saran terbaik adalah simpan banner di hosting sendiri atau di google picasa jika anda menggunakan blogspot.

  3. Jumlah gambar, kesesuaian dan ukuran. Memang berat jika artikel anda adalah berbentuk tutorial maupun artikel yang membahas keindahan suatu tempat (fotografi). Karena rasanya wajib menggunakan gambar. Tetapi silakan siasati dengan compress ukuran gambar, gunakan Alt tag gambar dan perkecil ukuran gambar. Sebisa mungkin hindari gambar karena algoritma google tidak membaca gambar (apalagi melihat?). Nalarnya, saat merayapi suatu halaman, adalah lebih baik proses merayapinya berjalan lancar tanpa harus terhenti sejenak karena membuka (loading) sebuah gambar.

  4. Jumlah halaman artikel yang terindex Saya perhatikan melalui browser firefox yang sudah saya install add on program untuk melihat jumlah link yang terdaftar (index) dari suatu blog atau website, ternyata hampir semua blog yang memiliki pagerank tinggi memiliki ratusan bahkan ribuan url artikel. Contoh blog direktori artikel. Blog dengan pagerank yang tinggi didominasi oleh kategori blog tersebut. Makanya, jika anda memiliki blog, sebanyak mungkin isi dengan artikel yang menarik dan informatif dan jumlahnya besar. Jangan perbanyak dengan widget apalagi iklan.

  5. Kualitas backlink. Yang dimaksud kualitas di sini adalah link yang mengarah dari blog atau artikel yang sejenis dan berpagerank tinggi. Silakan baca atikel saya mengenai tips berkomentar.

  6. Minimalisir death link. Rajinlah untuk memeriksa link yang keluar dari blog anda (baik dari kolom komentar maupun tukar link). Jika mengarah kepada blog yang sudah disuspend atau banned, lebih baik anda hapus. Untuk mempermudah, silakan lihat di webmaster tools. Di situ terlihat link-link mati yang keluar dari blog anda. Saran saja, kolom komentar lebih baik gunakan google account. Karena jika akun yang berkomentar sudah di tutup, hal itu tidak diperhitungkan sebagai death link oleh google. Jumlah yang berkomentar tidak mempengaruhi kualitas pagerank suatu artikel atau blog.

  7. Umur blog. Umur blog menunjukkan konsistensi atau keseriusan seorang blogger. Sangat jarang blog yang berumur kurang dari 3 bulan memiliki pagerank. Kalaupun ada, berarti blog tersebut memiliki kualitas konten yang bagus, dan rajin posting artikel serta memiliki backlink berkualitas yang mengarah ke blog tersebut.

  8. Keterkaitan antar artikel. Internal link atau inbound link antar artikel selain memberikan backlink bagi artikel yang sebelumnya, juga menunjukkan konsistensi blogger yang berusaha menulis artikel sejenis atau kesamaan nieche. Jika anda memiliki topik bahasan yang berbeda, lakukan pengkategorian blog dan antar artikel dalam satu kategori harus memiliki ikatan link

  9. Terdaftar di beberapa webmaster search engine. Pagerank adalah pemeringkatan oleh google. Berarti wajib bagi anda untuk mendaftarkan blog ke google webmaster. Bahkan google panda sangat menghargai jika blog anda juga terdaftar di webmaster bing, yahoo, MSN maupun search engine lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa blog anda cukup popoler dan disukai pihak lain (pesaing google). Dan jika sobat ingin mengetahui bagaimana mendaftarkan blog di google webmaster, silakan klik artikel tips membuat sitemap untuk search engine.

  10. Terdaftar aktif di social media. Jika kita sering submit artikel ke social media besar seperti google +, facebook dan twitter, maka kita akan mendapatkan backlink dari sosial media terbesar tersebut. Dan hal ini mempengaruhi eksistensi dan akhirnya menjadikan penilaian tersendiri bagi google panda dalam menilai kualitas suatu blog. Sebagian orang melakukan klik sendiri URL yang di sebar melalui social media dengan menggunakan akun yang berbeda-beda. Tapi seberapa banyak yang bisa dilakukan oleh orang tersebut? Toh yang diperhitungkan adalah dari jumlah klik yang memiliki letak geografis yang berbeda dan kualitas bounce rate saat membuka halaman URL tersebut. Kualitas bounce rate dengan persentase tinggi atau besar menunjukkan bahwa orang yang singgah di blog kita hanya meluangkan waktu sedikit untuk membaca blog. Dan ini dianggap buruk oleh google. Biasanya visitor yang sekedar berkomentar mencari backlink atau solidaritas antar blogger saja. Bukan karena kualitas konten dari blog yang membuat seseorang betah menelusuri blog kita. Bounce rate blog kita bisa dilihat di google analytics.
    Demikian penjelasan saya mengenai 10 tips terbaru untuk meningkatkan pagerank blog. Kiranya dapat membantu sobat terutama dalam mempersiapkan blog menyongsong pemeringkatan pagerank blog sekitar bulan juni 2013 nanti.
22:39

0 komentar:

Post a Comment

 
Top